Postingan

MAN 1 Makassar, Ujian Praktik dengan Tarian Bernuansa Islami.


makassar sulsel|
Kurikulum merdeka memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk mengeksplorasi bakat dan kemampuan mereka. Hal inilah yang dilakukan oleh MAN 1 Makassar melalui gelar karya tari di akhir semester. 

Sebanyak 13 kelompok siswa adu kreatif dalam menampilkan kebolehan mereka dalam seni tari. Uniknya, pementasan ini dibuat dengan nuansa Islam Melayu. Panggung didesain dengan corak khas melayu dengan paduan warna emas yang dominan.  Kemewahan juga tampak pada kostum yang digunakan siswa dengan warna-warni yang ceria dan mencolokmencolok sesuai jenis tarian yang akan akan dipentaskan. Tarian yang ditampilkan secara umum juga bernuansa Islami seperti tari Ratoe Jaroeh dari Aceh, Pabat Pibui dari Kalimantan, dan juga tari kreasi empat etnis dari Sulawesi Selatan. 

Menurut guru pengampuh mata pelajaran seni budaya, Hedy Lorentista Mandela Lorosae Putri, S. Pd., pementasan ini digelar sebagai bagian dari ujian akhir semester bagi siswa. "Kita mengadakan ujian dengan gelar karya, ada 13 tarian yang ditampilkan oleh siswa" jelas Putri. Menurutnya metode ujian dengan gelar karya seperti ini lebih antusias bagi siswa. "Ini menjadi semacam projek yang menantang bagi mereka, jadi lebih antusias siswanya" bebernya. 

Kepala Madrasah, Dr. Luqman MD, S.Ag, S.E, M.M, dalam sambutannya meminta kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan Madrasah. "Diharapkan siswa-siswi untuk aktif dalam kegiatan seperti ini yang diadakan di Madrasah untuk menunjukkan bakat dan karakter serta kreatifitas" himbau Luqman. Menurutnya kegiatan seperti ini sekaligus menjadi projek kurikulum merdeka bagi guru MAN 1 Makassar. "Diharapkan guru-guru dapat menjalankan program kepala Madrasah, one teacher one achievment atau satu guru satu prestasi" jelasnya. 

Luqman pun berjanji memberi reward kepada siswa-siswi yang berprestasi dalam bidang akademik maupun seni. "Bagi siswa-siswi yang berprestasi dan mengharumkan nama MAN 1 Makassar, baik di bidang akademik maupun seni bisa diberikan reward karena berhasil mengharumkan nama almamater" tegas Luqman.

Posting Komentar