Korlantas Mabes Polri Tunjuk Polrestabes Makassar dan Polres Bulukumba Sebagai Polres Pertama di Sulsel Terbitkan SIM C1

CAMERAJURNALIS.COM, SULSEL - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menerbitkan  Surat Izin Mengemudi (SIM) golongan C1di seluruh Indonesia, aturan ini berlaku per 27 Mei 2024. 

Untuk di wilayah Polda Sulsel ada dua polres yang bakal menjadi polres pertama  yang akan menerbitkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) golongan I yakni Polrestabes Makassar dan Polres Bulukumba.

Hal tersebut di jelaskan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel. AKBP. Restu Wijayanto S.Ik, Jumat (31/05/2024).

“Berdasarkan Peraturan Polisi nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Peraturan Polisi nomor 2 tahun 2023 tentang perubahan atas Perpol Nomor 5, “kata AKBP. Restu Wijayanto S. Ik.

Penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk sepeda motor kapasitas silinder mesin di atas 250 cc, sampai dengan 500 cc atau kendaraan sejenis yang menggunakan daya listrik untuk meningkatkan kompetensi pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar. termasuk kendaraan yang menggunakan tenaga listrik.

”Untuk SIM C I, khusus digunakan oleh kendaraan dengan isi Silinder 250 CC sampai dengan 500 CC termasuk kendaraan yang menggunakan tenaga listrik." Terang Restu.

Lebih lanjut Restu Wijayanto menambahkan, hasil survei Korlantas Mabes Polri di Polda Sulsel, menunjuk kepada 2 Polres yakni Polrestabes Makassar dan Polres Bulukumba sebagai Polres yang akan menerbitkan SIM golongan I.

”Hasil survei Korlantas Mabes Polri merujuk ke Polrestabes Makassar dan Polres Bulukumba sebagai Polres yang nantinya akan menerbitkan SIM C I dikarenakan tempat Uji Praktek dan Proses Penerbitan SIM sudah sangat memadai dan mudah di akses." Lanjutnya 

Untuk diketahui, saat ini Ditlantas Polda Sulsel tengah menggodok sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sambil menunggu hasil dari Korlantas Mabes Polri kapan akan dilaksanakan penerbitan SIM golongan I tersebut, .

”Saat ini masih tahap sosialisasi dan edukasi, dimana Polda Metro Jaya sebagai Polda pertama yang telah menerbitkan SIM golongan I, untuk selanjutnya kita menunggu untuk Polda Sulsel. " Tandas AKBP. Restu Wijayanto S. Ik.



NiarChandra
Editor : Try Wardana

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama